PERBEDAAN AGENCY, PH, DAN STUDIO FILM
Perbedaan agency dan ph, tahukah kamu walaupun sama-sama beroperasi di dunia kreatif, ketiga nama tersebut berkarya di ranah yang berbeda dengan cara kerja yang berbeda pula, tanpa berpanjang lebar lagi.
Advertising Agency
Advertising agency atau agensi periklanan merupakan perusahaan yang tujuan utamanya mengiklankan suatu barang atau jasa. Untuk mengiklankan suatu barang atau jasa diperlukan perpaduan antara ilmu pengetahuan dan kesenian. Oleh karena skill set-nya yang terspesialisasi, diperlukan perusahaan khusus untuk menananganinya yang disebut advertising agency.
Nah advertising agency sendiri terbagi lagi atas beberapa jenis, muali dari traditional advertising agency sampai media buying advertising agency.
Production House
Production house atau production company adalah perusahaan yang fokus utamanya adalah memproduksi konten yang berbentuk audio visual, bisa iklan, film, atau web series. Dalam dunia periklanan, production house berperan sebagai eksekutor ide yang dibuat oleh advertising agency. Jadi dengan kata lain advertising agency tidak memproduksi iklannya sendiri, tetapi memperkerjakan production house untuk mengeksekusinya. Semua aktivitas yang berkatian dengan teknis, mulai dari mencari kru, pemain, lokasi, dll merupakan tanggung jawab production house.
Seiring perkembangan zaman, aktivitas production house sedikit mengalami pergeseran. Dengan semakin mudah dan murahnya teknologi perfilman, production house juga melakukan aktivitas lain selain memproduksi konten semata, seperti pengembangan kreatif, pascaproduksi, bahkan sampai distribusi konten.
Studio
Sebutan studio sebetulnya lahir di masa keemasan Hollywood di antara tahun 1920an sampai 1950an. Studio film berskala besar memiliki beberapa perusahaan produksi (production house) dan fasilitas-fasilitas yang digunakan dalam produksi film. Berbeda dengan production house yang fokus memproduksi, studio film fokus pada proses creative development (pengembangan kreatif), penulisan / akuisisi intellectual property dan skenario, financing (pendanaan film), promosi, sampai distribusi film. Betul, secara bisnis, cakupan kerja studio film memang lebih besar dibandingkan production house
Namun sekali lagi, seiring berkembangnya teknologi digital, sekat-sekat yang membedakannya dengan production house semakin samar-samar.
Demikianlah artikel tentang perbedaan agency, ph, dan studio film, semoga bermanfaat untuk kita semua.
IKLAN KOMERSIAL TELEVISI MASIH RELEVAN?
TVC, atau yang diterjemahkan sebagai iklan komersial televisi, merupakan bentuk iklan melalui media TV. Jenis yang dipromosikan beragam, mulai dari produk, jasa, ide, tokoh hingga organisasi tertentu.
Iklan komersial televisi atau TVC masih relevan gak sih? Di era digital saat ini, mudah untuk berasumsi bahwa iklan TV tradisional telah kehilangan pengaruhnya. Dengan munculnya media sosial dan saluran online lainnya, banyak bisnis mengalihkan anggaran iklan mereka ke upaya pemasaran digital.
Namun, terlepas dari perubahan ini, iklan TV masih relevan dan efektif di dunia digital saat ini. Dalam artikel ini, kita akan mengeksplorasi mengapa TVC masih relevan dan menjadi senjata periklanan yang berharga.
Jangkauan Luas
Salah satu keuntungan terbesar dari iklan TV adalah kemampuannya untuk menjangkau khalayak luas. Meskipun platform media sosial dan saluran digital lainnya dapat menjadi target yang sangat besar, mereka seringkali memiliki keterbatasan dalam hal jangkauan.
Di sisi lain, dapat menjangkau penonton yang lebih luas, termasuk orang-orang yang mungkin tidak menggunakan media sosial atau tidak memiliki akses ke internet. Artinya, bisnis masih bisa menjangkau banyak pelanggan potensial melalui iklan TV.
Dampak Emosional
Iklan TV memiliki kemampuan untuk membangkitkan emosi dan menciptakan hubungan dengan penonton dengan cara yang seringkali tidak bisa dilakukan oleh konten media soaial. Jika dilakukan dengan benar, TVC dapat menciptakan pengalaman yang tak terlupakan dan meninggalkan kesan abadi.
Dengan memanfaatkan emosi seperti nostalgia, humor, atau empati, brand dapat menciptakan hubungan emosional yang kuat dengan audiens, yang dapat membantu mendorong brand awareness & memperkuat brand identity.
Singkat & Mudah Dipahami
Salah satu kekuatan dari iklan TV (TVC) adalah durasinya yang singkat dan pesannya yang mudah dipahami. Berbeda dengan konten digital, seperti branded film dan web series, iklan jenis ini punya durasi yang lebih singkat (30 detik – 1 menit).
Dengan durasi yang singkat, penonton akan lebih mudah dan cepat menangkap pesan yang mau kamu sampaikan. Apalagi kalau kamu bisa mengemasnya dalam bentuk yang atraktif, penonton pasti bisa mengingat brand kamu dengan mudah.
Memperkuat Identitas Brand
Iklan TV juga merupakan alat yang efektif untuk memperkuat identitas brand. Semua brand punya identitasnya. Bisa receh, serius, menyentuh, atau inspirasional. Ciri itu yang membedakan satu brand dengan yang lain.
Jika dilakukan secara konsisten, maka brand bisa semakin memperkuat identitas dan pada akhirnya membangun kepercayaan dari penonton. Iklan TV juga dapat digunakan untuk memperkuat pesan dan nilai merek, yang dapat membantu menciptakan hubungan yang lebih kuat dengan penonton.
Pelengkap untuk Upaya Digital
Terakhir, jangan lupa juga bahwa iklan komersial televisi bukan satu-satunya strategi marketing modern. Iklan ini harus berjalan selaras dengan digital effort. Dengan menggunakan iklan komersial televisi bersamaan dengan media sosial dan saluran digital lainnya, bisnis dapat menciptakan strategi iklan kohesif yang menjangkau pelanggan.
SURVEI LOKASI (RECCE)
Recce (dibaca reki) adalah survei lokasi. Setelah produser pelaksana / produser / manajer lokasi menemukan lokasi yang sesuai dengan kebutuhan cerita, dan telah disetujui oleh sutradara, maka rombongan kru akan datang mengunjungi lokasi tersebut.
Siapa saja sih rombongan kru yang wajib hadir saat recce? Kru yang wajib hadir saat survei lokasi adalah sutradara, produser pelaksana, unit production manager, manajer lokasi, penata kamera, penata artistik, dan penata suara.
Recce berguna untuk menentukan berbagai hal teknis di lapangan. Dimulai dari tim kreatif yang perlu membandingkan visi kreatifnya dengan kondisi aktual lapangan. Sampai tim produksi yang harus menentukan berbagai hal teknis agar produksi berjalan lancar.
Yang di lakukan saat survei lokasi antara lain :
Sutradara menentukan blokingan
Apa yang ditulis di naskah belum tentu 100% sama dengan kondisi di lapangan. Sutradara dibutuhkan untuk bisa menerjemahkan naskah menjadi visual, walaupun kondisinya berbeda.
Oleh karena itu, sutradara harus melakukan beberapa penyesuaian, antara lain membuat bloking pemeran & penempatan adegan.
Divisi sinematografi menentukan teknis kamera dan cahaya
Sinematografer melakukan koordinasi dengan sutradara seputar kondisi lapangan. Melihat kondisi lapangan, sinematografer bisa menyarankan hal-hal teknis kepada sutradara agar visi sutradara bisa diterjemahkan dengan baik.
Setelah mendengar pendekatan yang diinginkan sutradara dan berdiskusi dengannya, Sinematografer mulai menentukan hal teknis pengambilan gambar.
Penata Suara memperhatikan Potensi Gangguan Suara
Lokasi tidak selalu ideal untuk seorang penata suara. Lokasi yang sudah disetujui sutradara bisa saja terletak diantara pemukiman warga yang dihuni oleh 10 pedagang tahu bulat. Tentu ini akan menganggu jalannya syuting, tetapi inilah gunanya recce.
Penata suara jadi bisa memprediksi potensi gangguan suara yang mungkin terjadi. Tidak hanya itu, penata suara juga bisa melihat sendiri kondisi ruang pengambilan gambar. Sehingga, ia bisa menentukan peralatan suara yang perlu ia bawa saat syuting.
Penata Artistik menentukan Layout Set
Penata artistik berdiskusi dengan sutradara membahas visinya. Sutradara akan menceritakan visi dan pendekatan di setiap adegan serta nuansa seperti apa yang ia ingin bangun secara visual.
Dari sana, penata artistik bisa menuangkannya melalui set yang ia akan bangun.
Tim Produksi menentukan Floor Plan Produksi
Manajer lokasi punya tugas mengelola lokasi agar tetap aman terkendali. Untuk itu, salah satu tugas yang mesti ia lakukan adalah memastikan flow para kru saat syuting rapi.
Ia harus memastikan tidak ada gangguan-gangguan di sekitar lokasi yang berpotensi menganggu pengambilan gambar. Selain itu, floor plan alias denah produksi, mulai dari ruang ganti hingga kamar kecil harus dirancang dan dikuasai betul oleh manajer lokasi atau produser pelaksana, sehingga produksi dapat berlangsung lancar tanpa halangan
PRODUKSI VIDEO
Produksi video adalah seni dan ilmu dalam menciptakan konten audio visual yang menarik untuk berbagai keperluan. Hal ini bukan hanya mengenai mengambil gambar, tetapi juga bagaimana menyampaikan pesan melalui visual dan audio.
Mengapa Video?
Ada beberapa alasan kenapa video selalu jitu dan ampuh untuk dijadikan alat pemasaran
1. Alamiah bagi Manusia: Sifat dasar manusia adalah visual. Hal ini membuat video menjadi salah satu media paling efektif untuk menarik perhatian.
2. Menggabungkan Hiburan, Edukasi, dan Penceritaan: Video bisa mengedukasi sambil
menghibur dan menceritakan suatu kisah.
3. Potensi Viral: Video yang menarik dan relevan dapat dengan mudah dibagikan dan memiliki potensi menjadi viral.
4. Dapat Diukur: Keberhasilan video bisa diukur dengan berbagai metrik, seperti jumlah tayangan, like, share, dan lainnya.
Proses Produksi Video
Produksi video terbagi menjadi tiga tahapan utama:
1. Pra-produksi: Tahap ini meliputi perencanaan, penulisan skenario, pembuatan storyboard, dan pengumpulan sumber daya yang diperlukan.
2. Produksi: Pada tahap ini, proses pengambilan gambar atau perekaman konten dilakukan.
3. Pasca-produksi: Mengedit (offline editing), menambahkan efek (online editing), dan desain suara dilakukan pada tahap ini untuk mengubah footage mentah menjadi video yang berkelas.
Tim Produksi Video
Dalam proses produksi video, ada beberapa kru kunci yang diperlukan:
1. Penulis: Bertanggung jawab dalam menyusun naskah atau skenario yang akan diadaptasi ke dalam video.
2. Sutradara: Mengarahkan seluruh tim untuk mewujudkan visi dari skenario menjadi konten visual.
3. Produser: Mengatur sumber daya, anggaran, dan logistik produksi.
4. Sinematografer / Videografer: Mengambil gambar sesuai dengan visi sutradara dan skenario.
5. Sound Mixer: Mengatur dan merekam audio agar sesuai dengan standar kualitas yang diharapkan.
6. Editor: Memotong dan menyusun footage yang telah diambil untuk menghasilkan cerita yang utuh dan menarik.
Peran-peran di atas merupakan peran kunci dalam produksi. Namun, semakin besar dan kompleks proyeknya, maka semakin banyak pula peran-peran yang harus diisi.
Video dalam Iklan
Video memiliki peran penting dalam dunia periklanan, seperti:
1. Iklan televisi: Iklan berdurasi pendek yang ditayangkan di televisi untuk menarik perhatian massa.
2. Iklan media sosial: Konten video yang dioptimalkan untuk platform media sosial, seperti Instagram, Facebook, dan Twitter.
3. Branded Films: Sebuah film pendek yang menceritakan nilai atau esensi dari sebuah merek.
4. Web Series: Seri video online yang disajikan di platform digital, seperti YouTube atau platform streaming lainnya, biasanya untuk promosi atau pemasaran konten.
PENDAPATAN DI DUNIA FILM
Bukan hanya sekadar usaha artistik yang penuh kreativitas, tetapi juga merupakan industri yang menghasilkan pendapatan dalam jumlah besar di dunia film. Mari kita bahas bersama cara-cara film menghasilkan uang!
1. Penjualan Tiket
Penjualan tiket bioskop adalah salah satu pendapatan utama dalam industri film. Ketika sebuah film tayang di bioskop, sebagian besar pendapatan dari penjualan tiket akan dibagi antara pemilik bioskop dan studio atau distributor film. Jumlah pendapatan bisa sangat besar, terutama jika film tersebut sukses di pasaran.
2. Hak Distribusi
Bagi production house independen, menjual hak distribusi adalah langkah cerdas. Ini berarti mereka dapat menjual hak untuk menayangkan film di wilayah tertentu kepada studio atau distributor yang memiliki jangkauan yang lebih luas. Hal ini membantu film tersebut mencapai penonton yang lebih besar.
3. Penjualan Lisensi Ke OTT (Over-The-Top)
Platform streaming seperti Netflix, Amazon Prime, atau Disney+ juga berperan penting dalam menghasilkan pendapatan bagi film. Production house dapat menjual lisensi tayang kepada platform-platform ini untuk wilayah dan periode waktu tertentu.
4. Lisensi Merchandise
Jika filmmu sukses besar dan menciptakan karakter atau properti yang ikonik, kamu bisa memanfaatkannya dengan memproduksi merchandise. Hal ini mencakup segala hal, mulai dari mainan hingga pakaian, yang memiliki branding dari film tersebut. Atau, kamu bisa menjual lisensi ini kepada pihak lain yang akan memproduksi merchandise tersebut.
5. International Market
Film juga bisa menghasilkan uang dari pasar internasional. Production house dapat membuat perjanjian dengan distributor dari berbagai region, dan film mereka akan disesuaikan dengan selera dan budaya pasar tersebut. Ini memungkinkan film untuk meraih kesuksesan di berbagai belahan dunia.
6. Arus Pendapatan Lain
Selain sumber pendapatan utama, masih ada beberapa arus pendapatan lain dalam bisnis film. Misalnya, penjualan lisensi tayang di pesawat selama penerbangan, penjualan album soundtrack film, dan bahkan pembuatan atraksi atau taman hiburan berdasarkan tema film tertentu.
Jadi, pendapatan dalam industri film di era modern ini tidak hanya berasal dari penjualan tiket bioskop. Film juga menghasilkan uang dari hak distribusi, penjualan lisensi kepada platform streaming, merchandise, pasar internasional, serta berbagai sumber pendapatan lainnya.
Itulah beberapa pendapatan di dunia film yang dapat menghasilkan keuntungan, semoga artikel ini membantu kalian yang belum mengetahui tentang rahasia pendapatan di dunia film.
MOVEMENT CAMERA
Movement atau yang biasa di kenal dengan pergerakan camera merupakan kegiatan membentuk drmatis dan estetika dalam sebuah shot, pada kali ini Kita akan mengenal ada apa ajasih jenis movement yang ada?
PENGERTIAN
Dalam perfilman dan video, pemilihan teknik pergerakan kamera yang tepat adalah seni yang memerlukan pemahaman yang mendalam tentang kisah yang ingin diceritakan. Setiap teknik memiliki tujuan dan efeknya sendiri, dan kreativitas sutradara dan sinematografer dalam menggabungkan pergerakan kamera ini dapat membuat pengalaman menonton menjadi lebih mendalam dan mengesankan.
Teknik pergerakan dalam film atau video adalah salah satu aspek yang paling penting dalam menciptakan visual yang menarik dan memikat. Pergerakan kamera yang tepat dapat memengaruhi cara kita merasakan dan memahami kisah yang diceritakan.
PAN
atau yg di kenal dengan pan kanan dan pan kiri,, ini adalah pergerakan kamera dengan menggerakan kamera nya saja atau menengokan kamera ke sudut kanan kan kiri biasanya pan digunakan untuk mengikuti pergerakan objek dan mengekspor pemandangan yang luas
TRACKING SHOT
track in dan track out atau maju dan mundur movement ini biasanya menggunakan dolly atau yg biasa disebut dolly track, alat yang berbentuk seperti rel yang akan diberi roda serta rel itu sebagai jalan atau rute yg di gunakan untuk maju dan mundur, biasanya movement ini digunakan untuk mengikuti jejak objek, contoh nya seperti 2 orang yg sedang berdiskusi sambil berjalan maju, maka movement camera yg di gunakan adalah track out karna objek maju maka camera nya mundur mengikuti pergerakan objek.
TILT
tilt up dan tilt down atau yg biasa di kenal keatas dan kebawah, biasanya digunakan untuk menunjukkan objek yg ada di atas dan ada di bawah, caranya dengan menundukan camera dan menaikan camera, contoh nya seperti orang yg sedang ingin melihat pohon di atas nya, camera bisa menggunakan movement menaikan kamera untuk melihat apa yg objek itu lihat.
FOLLOW
follow atau mengikuti seluruh pergerakan objek, pada movement ini camera di beri seluruh kebebasan untuk mengeksplorasi atau mengikuti pergerakan objek, tidak ada batasan nya, movement ini sering di gunakan untuk melihat detail apa yg dilakukan objek nya.
STUNTMAN, ITU APA SIH?
Stuntman atau biasa disebut dengan pemeran pengganti adalah orang yang melakukan aksi berbahaya dan rangkaian aksi dalam film.
Seorang stuntman sering kali disewa untuk melakukan aksi selama produksi film layar lebar atau acara televisi.
Biasanya adalah pemeran pengganti profesional berpengalaman yang telah berlatih secara ketat untuk melakukan aksinya dengan aman dan efektif.
Stuntman tidak selalu bekerja sendiri, mereka mungkin menjadi bagian dari kru pemeran pengganti yang juga mencakup asisten sutradara , koordinator tali-temali dan efek khusus, aktor tambahan, dan tim pegangan.
Pengertian Stuntman?
Stuntman adalah orang yang melakukan aksi berbahaya dan melakukannya di depan kamera tanpa terluka. Terkadang, mereka juga dikenal sebagai pemeran pengganti.
Stuntmen sudah ada sejak awal pembuatan film. Orang-orang akrobat nyata pertama disebut penjaga.
Mereka dibayar oleh studio film untuk melakukan aksi berbahaya seperti melompat dari gedung tinggi.
Tugas pemeran pengganti adalah melakukan aksi berbahaya tanpa melukai diri sendiri atau orang lain secara serius, saat syuting atau tampil sebagai bagian dari pemain atau kru ansambel .
Aksi yang dilakukan oleh seorang stuntman berbeda dengan yang terlihat di film-film dengan aktor non-profesional, seperti kebanyakan acara reality show televisi atau film-film Hollywood awal karena aksi-aksi tersebut dilakukan oleh para profesional yang sangat terlatih dan telah dilatih secara ketat dalam mempertaruhkan nyawa mereka untuk melakukan tindakan-tindakan berbahaya tersebut. .
Apa Itu Pemeran pengganti
Pemeran pengganti adalah aktor yang menggantikan bintang laga favorit Anda. Biasanya mereka adalah orang-orang yang mempersiapkan aksinya sendiri dan kemudian dibayar mahal untuk berdiri saat mereka melakukannya.
Pemeran pengganti dapat digunakan oleh aktor atau aktris mana pun, baik itu profesional atau yang biasa. Pemeran pengganti juga dapat digunakan dalam keadaan tertentu jika Anda tidak dapat melakukannya sendiri.
Misalnya, mungkin punggung Anda cedera dan tidak lagi memiliki kemampuan fisik untuk melakukan aksi tertentu. Atau mungkin Anda tidak memiliki pengalaman yang dibutuhkan untuk melakukan beberapa gerakan rumit yang memerlukan latihan dan pelatihan bertahun-tahun.
Apa yang Dilakukan Seorang Stuntman
Stuntman adalah anggota tim yang melakukan aksi dan efek khusus untuk film, acara televisi, dan video game. Stuntmen umumnya melakukan aksinya sendiri untuk mendekati kamera atau aktor lain saat mereka sedang syuting.
Aksi akrobat sering kali dilakukan dalam situasi berbahaya di mana pemeran pengganti berisiko mengalami cedera atau kematian jika terjadi kesalahan.
Peran utama seorang stuntman adalah membantu sutradara merencanakan adegan aksi untuk filmnya. Mereka membantu membuat koreografi apa yang akan terjadi selama adegan tertentu, termasuk bagaimana para aktor akan bergerak dan berinteraksi satu sama lain.
Mereka juga memastikan bahwa semuanya terlihat realistis dan terlihat cocok dengan keseluruhan cerita.
Stuntmen harus bisa berpikir cepat agar bisa bekerja di lokasi syuting dengan aman. Mereka perlu mengetahui cara kerjanya sehingga mereka dapat menjelaskannya dengan jelas kepada orang lain yang mungkin tidak akrab dengan semua peralatan yang terlibat dalam pembuatan film sebuah adegan.
Stuntmen juga harus cukup sehat secara fisik untuk beberapa pekerjaan mereka karena banyak pekerjaan yang melibatkan terjun ke situasi berbahaya di mana mungkin ada cedera atau kematian jika terjadi kesalahan.
PEMBANTU UMUM
Pasti dari kalian sudah ada yang pernah mendengar istilah PU dong? jadi untuk kalian yang belum tahu, PU adalah singkatan dari ‘pembantu umum’, atau biasa disebut sebagai craft service atau crafties
nah sebenernya apa sih tugas Pembantu umum itu? kita simak bareng bareng ya!!
DEFINISI PEMBANTU UMUM
Sebenernya tugas utama PU adalah sebagai orang yang slalu stand by di lapangan dan memastikan crew dan pemain berada dalam posisi yang aman dan nyaman. Namun banyak orang yang menyalahgunakan pembantu umum, karna sebutan nya pembantu bukan berarti kita bisa meminta tolong sesuka hati loh!
TUGAS PEMBANTU UMUM
Sebenernya pembantu umum seperti seorang PA (production assisten) ya seperti istilah nya dia orang yang bertugas membantu produser dalam menjalankan tugas nya untuk memastikan semua terkendali. sampai akhirnya dengan seiring perkembangan nya tugas PU kini menjadi spesifikasi yaitu menyiapkan makanan dan minuman serta cemilan yang terbagi dengan jadwal tepat waktu sesuai dengan waktu yang di rencanakan. dan biasanya PU datang lebih dulu untuk memastikan cemilan dan minuman seperti snack, kopi, teh itu sudah siap sebelum crew dan pemain sampai di basecamp lokasi shooting, dan dia lah orang yang sibuk mundar mandir memastikan stok air dan makanan itu selalu terisi.
Tapi perlu di ingat PU & CATERING itu berbeda yaa. Karena catering adalah mereka yang menyediakan dan menyiapkan makan berat untuk seluruh crew dan pemain, sedangkan PU dia hanya menyediakan cemilan dan minuman saja, mungkin kadang catering dan PU bekerja sama, catering membuat dan menyiapkan makanan berat lalu PU membantu untuk mendistribusikan nya
JADI SEBENERNYA PU ITU PEMBANTU YA?
Banyak orang yang salah dalam menanggapi dan menilai jobdesk ini, namun sebenernya PU bukan lah hal yang mudah, bahkan bisa di bilang PU adalah orang yang sangat berjasa dalam set, karna dia sering di pandang sebelah mata, ingat ya kamu tidak boleh menyuruh pembantu umum sesuka hati karena mereka berjalan sesuai dengan tugas yang mereka dapatkan dan jangan lupa sesekali datang ke meja PU yang berisikan kopi serta minuman, jangan lupa ucapkan terimakasih kepada PU yang sudah menjalankan tugas nya dengan baik.
MAKEUP DALAM FILM
Penata makeup film merancang dan menerapkan desain tata rias teater untuk aktor dalam film layar lebar dan televisi. Kompleksitas dan jenis desain akan bervariasi tergantung pada produksi dan karakternya, namun penata rias yang baik dapat menampilkan beragam penampilan lintas genre dan periode.
4 Peran Penata makeup Film yang Berbeda
Ada empat jabatan utama di departemen tata makeup yang menentukan tanggung jawab apa yang akan dimiliki seorang penata makeup di lokasi syuting :
1. Penata makeup utama
Penata makeup utama bertugas merancang riasan masing-masing aktor. Penata makeup utama merias wajah untuk peran utama dan aktor, dan melaksanakan desain yang sangat rumit. Penata rias utama mendelegasikan dan mengawasi penata makeup dan asisten makeup, selalu memeriksa untuk memastikan kesinambungan tata makeup sepanjang pengambilan gambar film.
2. Penata makeup
Penata makeup bertanggung jawab untuk merias wajah kepada aktor non-utama dan ansambel pendukung. Penata rias berada di bawah pengawasan penata rias utama dan bertanggung jawab untuk melaksanakan desain asli penata makeup utama.
3. Asisten penata makeup
Asisten penata makeup mengatur perlengkapan tata rias dan membantu penata rias dengan aplikasi riasan tubuh (termasuk seni tubuh atau pengecatan tubuh) dan tugas-tugas kecil lainnya. Seorang asisten tata rias juga dapat ditugaskan oleh penata rias utama untuk memotret riasan pemeran untuk memastikan konsistensi dalam kasus pemotretan ulang.
4. Penata makeup efek khusus
Penata makeup efek khusus (terkadang disingkat riasan SFX) bertanggung jawab atas segala efek riasan khusus, seperti penggunaan prostetik atau penggunaan lateks busa (senyawa khusus yang digunakan untuk efek prostetik tiga dimensi).
Tujuan makeup dalam film
Makeup dalam film bertujuan untuk membantu menciptakan karakter dan memperkuat narasi dalam sebuah film. Ini meliputi berbagai jenis makeup, seperti prosthetics, special effects makeup, dan transformasi karakter.
Makeup juga dapat membantu menyamarkan cacat atau mempertegas fitur wajah seorang aktor atau aktris untuk membantu menampilkan karakternya secara efektif. Dalam beberapa kasus, makeup juga dapat membantu membuat adegan yang lebih memukau dan realistis.
Tiga tipe makeup di dalam film
1. Straight makeup
Straight makeup adalah tata rias yang dilakukan dengan tujuan menonjolkan bagian- bagian wajah yang sempurna sekaligus menyamarkan bagian-bagian wajah yang kurang sempurna.
2. Makeup karakter
Makeup karakter adalah tata rias yang diterapkan untuk mengubah penampilan seseorang dalam hal umur, sifat, wajah, suku dan bangsa sehingga sesuai dengan tokoh yang diperankannya yang dioleskan baik secara keseluruhan atau hanya sebagian sehingga hanya bisa dilihat dari bagian depan saja
3. Special effect makeup
Special effects makeup atau SFX makeup adalah proses penggunaan prostetik, sculpting, moulding, casting, body painting, dan rambut untuk membuat aktor bertransformasi sesuai karakter yang diperankan dalam suatu produksi.
Bagaimana cara membuat tampilan riasan untuk film?
Tampilan riasan dalam film itu harus disesuaikan dengan karakter yang ingin dibentuk. Misalnya, aktor yang memainkan peran anak sekolah yang adegannya sebagian besar memiliki setting sekolah, makeup-nya harus dibuat senatural mungkin untuk memunculkan karakter anak sekolahan yang sebenarnya.
PODCAST
Podcast adalah sebuah hasil rekaman audio yang bisa didengarkan oleh khalayak umum melalui media internet, dan juga banyak manfaat yang sangat baik untuk pengetahuan kita. Beda halnya dengan radio yang wajib dilakukan dan dibawakan secara langsung dalam frekuensi tertentu. Kata podcast sendiri memiliki arti kepanjangan yakni play on demand dan broadcast.
PENGERTIAN
Podcast adalah sebuah hasil rekaman audio yang bisa didengarkan oleh khalayak umum melalui media internet. Beda halnya dengan radio yang wajib dilakukan dan dibawakan secara langsung dalam frekuensi tertentu. Sedangkan, podcast bisa diimplementasikan secara fleksibel atau kapanpun kamu inginkan. Serta bisa kamu dengarkan melalui berbagai media elektronik yang ada.
MANFAAT PODCAST
Banyaknya materi obrolan yang akan dibahas oleh podcaster tak cuma menyajikan informasi secara umum atau general saja. tetapi Adanya argumen menarik dalam sebuah diskusi yang disampaikan oleh podcaster, membuat kamu sebagai pendengar dapat mampu berpikiran secara terbuka dan belajar menganalisa informasi yang telah disampaikan.
Manfaat yang kedua yaitu tidak adanya iklan. Di dalam sebuah podcast, tidak menayangkan iklan meskipun kamu tidak berlangganan sekalipun. Beda halnya dengan radio yang selalu menyelipkan beberapa iklan di dalam sebuah siaran langsungnya
Sama halnya dengan membaca, mendengarkannya juga bisa melatih imajinasi kamu. Sebab umumnya podcast tidak mempunyai visual, dengan lebih memfokuskan pada indera pendengaran yang akan membuat kamu untuk membayangkan hal yang dibicarakannya. Dengan begitu, para pendengar akan mempunyai imajinasi yang lebih luas dan terlatih berpikir secara kreatif.
Sebagai alternatif dari radio dan televisi
Podcast sebetulnya merupakan sebuah rekaman audio. Seringkali ini menjadi salah satu alternatif dari radio. Serta di dalam beberapa kasus alternatif lainnya yaitu televisi. Sebab, pada saat ini sudah mulai ada dalam bentuk video.
Topik yang dibahas dalam sebuah podcast tersebut beraneka macam, akan menjadi menarik apabila pembahasan di dalamnya sangat mendalam dan spesifik, tetapi tetap interaktif sebab melibatkan diskusi dari dua podcaster.
JENIS JENIS PODCAST
Ada banyak jenisnya, dasar yang digunakan untuk menentukan jenisnya adalah dari metode yang diterapkan host saat melakukan rekaman
1. Solo
Solo podcast adalah jenis rekaman yang dibawakan oleh satu orang host secara monolog. Sesuai dengan namanya Artinya, keseluruhan isi rekaman yang dibacakan secara satu arah tanpa ada lawan bicara.
Biasanya, topik solo podcast adalah berupa pembahasan tentang pendapat dari host tentang satu hal yang sedang viral, membacakan cerita yang dikirimkan oleh pendengar, atau memberi informasi mengenai sesuatu.
2. Interview
Sesuai dengan namanya interview Podcast adalah tipe yang di lakukan oleh 2 orang atau lebih, jika sebelumnya pada tipe solo hanya berisikan 1 host saja, adalah tipe yang berisikan dialog antara beberapa orang dengan konteks wawancara.
Narasumber yang diundang tidak harus terdiri dari 1 orang saja, namun juga bisa berupa grup. Tamu interview adalah orang yang nantinya akan berbeda-beda di tiap episode, disesuaikan dengan tema yang dibawakan.
3. Multihost
Terakhir ada jenis yang dibawakan oleh beberapa host sekaligus. Multihost podcast adalah tipe rekaman berupa diskusi dari beberapa perspektif pembicara tentang sebuah topik.
Seperti pembahasan beberapa orang yg memecahkan satu permasalahan.
Meskipun berisikan banyak orang sekaligus, rekaman suara akan tetap terdengar nyaman dan tidak membingungkan.